Selasa, 03 September 2013

Buku Bila Rasulullah Bertamu Ke Rumahmu

Sebagai refleksi buku ini mencoba memantul-mantulkan kebodohan saya (penulis) di hadapan hadits dan realitas. Saya sungguh tak berniat untuk menyindir siapapun, saya teramat bodoh — bahkan masuk ke level bodoh pun saya belum sampai–. untuk menjadi penilai orang lain. Buku ini adalah ketersengatan saya menemukan beberapa tulisan, puisi dan ziarah saya pada realitas saya dan kehidupan saya. Ketersengatan itu bertambah ketika ada karikatur Rasulullah Muhammad yang luar biasa menghina keagungan Manusia Tersuci ini. Tak pantas rasanya menemukan gambar “seorang lelaki Arab” (yang diberi nama Mohammed) dengan rupa yang tak jelas, namun sedang melakukan hal tak senonoh, atau di atas surbannya ada sebuah bom yang siap meledak. Ini benar-benar menyesakkan. Karikatur adalah teknik gambar yang sengaja merubah ciri khas seseorang untuk mempermainkan orang itu. Kalau menilik batasan ini, tentulah gambar-gambar itu tak sah disebut sebagai karikatur. Sebab, tak seorang pun tahu bagaimana rupa Rasulullah Muhammad. Tak ada satupun gambar tentang beliau, jadi pastilah seluruh gambar itu isapan jempol yang tak bertanggung jawab. Namun gambar itu sekaligus menyajikan kesadaran yang menyesakkan, yaitu bahwa karikatur itu dibuat tidak dengan merujuk pada ciri khas yang dimiliki fisik Rasulullah; gambar itu dibuat dengan merujuk pada perilaku ummatnya, perilaku saya. Kalau begitu, karikatur itu bersumber dari ciri-ciri khas saya yang gampang meletupkan amarah. Jadi gara-gara saya yang tak pantas, lalu Rasulullah yang mendapatkan penghinaan. Tidak… saya tak bisa tidak marah kepada mereka, saya akan marah pada mereka dengan cara menunjukkan kebalikan dari persangkaan mereka. Saya akan menunjukkan bahwa menjadi Muslim yang mencintai Rasulullah adalah menjadi manusia yang berperadaban, penuh kasih sayang, dan tak gampang terpancing umpan murahan seperti karikatur jelek itu. Saya justru bertekad menghadirkan Rasulullah dalam kehidupan keseharian, lebih intens dari sebelumnya. 
Penerbit : Media Perubahan 
Pemesanan : (022)7273677 – 08562108952 - 089646889963

Tidak ada komentar:

Posting Komentar